Kumpulan Informasi Loker dan Kuliah di Indonesia

Thursday, November 5, 2015

Pengertian Desain Grafis

8:31:00 AM Posted by Abdul Rohman 5 comments
Menurut Freddy Adiono Basuki, Grafis yang dalam istilah bahasa inggris disebut Graphic diartikan sebagai goresan yang berupa titik-titik atau garis yang berhubungan dengan kegiatan cetak mencetak. Desain menurut Atisah Sipahelut, diartikan sebagai bentuk rumusan dan suatu proses pemikiran. Rumusaan atau proses pemikiran yang dituangkan dalam wujud bentuk atau gambar merupakan pengalihan gagasan konkrit siperancang kepada orang lain.

Desain Grafis dapat diartikan sebagai proses pemikiran untuk mengalihkan ide atau gagasan dalam wujud bentuk atau gambar. Dalam proses mendesain ini seorang desainer dapat mempergunakan peralatan manual seperti kuas atau dengan teknologi saat ini yaitu komputer. Desain grafis komputer dapat diartikan sebagai upaya untuk mengalihkan ide dan gagasan kepada orang lain dalam bentuk wujud bentuk atau gambar yang dibuat dengan menggunakan komputer bantuan teknologi komputer. 

Ada lagi yang dikatakan seni grafis yaitu sejenis karya seni murni yang umumnya memiliki dwimatra atau dua dimensi, merupakan hasil kerja diatas kerta, lempengan batu, logam, kayu, lembar atau kain sablon atau yang lain yang permukaannya terlebih dahulu seseorang telah mengungkapkan gagasan dan cita rasa seninya dalam bentuk goresan, cukilan, torehan, guratan, sapuan, dan sebagainya.

Dalam pengertian umum istilah grafis meliputi semua bidang visual yang dilaksanakan pada suatu permukaan dua dimensional sebagai lukisan, drawing, atau fotografi. Istilah Grafis tidak jauh berbeda dengan cetak mencetak. Dalam penerapannya meliputi semua karya desainer dalam bentuk orisinil apapun untuk direproduksi dengan berbagai proses.

Dalam dunia pendidikan, grafis merupakan media pendukung untuk proses pembelajaran. Istilah grafis seringkali dikaitkan dengan gambar dan dikategorikan sebagai bahan komunikasi visual. Penggunaan bahan-bahan visual seperti; gambar, foto, film, televisi, transparansi, bagan, diagram, ilustrasi teks, animasi, pembelajaran berbantuan komputer dan sebagainya untuk melengkapi dan penunjang pengajaran dikelas.

5 comments:

  1. artikel pengertian desain grafis ini sangat menginspirasi dan bagus. terutama tentang topik desain ini yang memang susah kalo tidak punya imajinasi. terimakasih sudah berbagi. salam sukses dari matob .

    ReplyDelete
  2. Gangguan Pendengaran Kerja.Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja (NIOSH) memperkirakan bahwa sekitar 22 juta orang Amerika per tahun terpapar pada tingkat kebisingan berbahaya di tempat kerja masing-masing*. Selain itu, lebih dari 30 juta pekerja AS per tahun terpapar bahan kimia, beberapa&hellip

    ReplyDelete
  3. Artikelnya yang kamu buat bagus sekali, mungkin kamu juga bisa baca beberapa artikel Cara menanam cabe

    ReplyDelete
  4. Ingin tahu tempat pusat alat kesehatan di Martapura? Yuk buruan segera cek di Distributor Alat Kesehatan Martapura

    ReplyDelete