Kumpulan Informasi Loker dan Kuliah di Indonesia

Wednesday, March 25, 2020

3 Tumbuhan Pencegah Virus Corona dalam Penelitian Kedokteran UI dan IPB

10:03:00 PM Posted by Abdul Rohman No comments

Sudah ada 27 kasus positif Covid-19 per tanggal 10 maret 2020 di Indonesia,puluhan lainnya masih berstatus "suspek" dan berada dalam pengawasan ruang isolaso di sejumlah Rumah Sakit yang ditujukan olej Kementrian Kesehatan RI, antara lain RSPI Sulianto, RSUP Persahabatan dan RSPAD Gatot Soebroto. Walaupun tingkat kematian dari virus Covid ini tergolong rendah (2-3%), namun tingkat penyebarannya lebih tinggi bila dibandingkan dengan SARS dan MERS.

Berbagai upaya dilakukan oleh para peneliti untuk mencegah dan menemukan obat antivirus (Covid-19). Penelitian terkait pencarian antivirus ini juga dilakukan oleh tim peneliti UI dan IPB dari Departemen Kimia kedokteran Fakultas Kedokteran UI (FKUI), Klaster Bioinformatics Core Facilities IMERI-FKUI, Klaster Drug Development Research Center IMERI-FKUI, Laboratorium Komputasi Biomedik dan Rancangan Obat Fakultas Farmasi UI, Rumah Sakit UI (RSUI), Pusat Studi Biofarmaka (Trop BRC) IPB dan Departemen Ilmu Komputer IPB.

Gabungan peneliti multidisiplin ini telah mengembangkan penelitian untuk menemukan kandidat antivirus corona dengan melakukan analisis big data dan machine learning dari basis data HerbalDB yang dikembangkan oleh laboratorium Komputasi Biomedik dan Rancangan Obat Fakultas Farmasi UI sejumlah 1.377 senyawa herbal, kemudian dikonfirmasi hasilnya menggunakan metode permodelan molekul untuk dievaluasi aktivitas antivirusnya. Adapun hasilnya telah disampaikan saat seminar dan workshop "Eksplorasi Bahan Herbal Kandidat Potensial Antivirus Corona: Analisis Big Data dan In Silico yang diadakan tanggal3-5 Maret 2020 di Fakultas Kedokteran UI.

Berdasarkan hasil skrining aktivitas terhadap ratusan protein dan ribuan senyawa herbal terkait dengan mekanisme kerja virus, diperoleh beberapa golongan senyawa yang berpotensi untuk menghambat dan mencegah virus SARS-Cov-2 (Virus Corona) untuk menginfeksi manusia. Golongan senyawa tersebut antara lain:

1. Hesperidin
2. Rhamnetin
3. Kaempferol
4. Kuersetin
5. Myricetin

yang terkandung dalam:
1. Jambu Biji (daging buah merah muda)
2. Kulit Jeruk
3. Daun Kelor

Hasil penemuan ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat untuk mencegah dan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus corona. Selain itu, sesuai dengan arahan dari Kementrian Kesehatan RI, WHO dan CDC, Masyarakat tetap diprioritaskan untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat melalui rajin cuci tangan dengan sabun, menerapkan etika batuk/bersin, penggunaan masker bagi yang sakit flu/batuk, dan bila mengalami gejala Covid-19 maka dapat mengisolasi diri di rumah atau datang ke RS yang telah ditunjuk Kementrian Kesehatan RI.

sumber:
Tim Peneliti Fakultas Kedokteran UI, Fakultas Farmasi UI, Departemen Ilmu Komputer IPB, RSUI.

0 komentar:

Post a Comment