Kumpulan Informasi Tentang Kuliah

Sunday, January 11, 2015

Cara Merawat Baterai Laptop

12:24:00 AM Posted by Abdul Rohman No comments
Kita dalam menggunakan barang elektronik tidak bisa mengelak atas kerusakan-kerusakan yang terjadi. Kebanyakan orang berpendapat kerusakan barang-barang elektronik tidak bisa diprediksi, kadang cepat rusak, kadang terasa awt-awet saja.
Laptop/Notebook adalah barang elektronik yang sangat diminati oleh khalayak umum apalagi yang statusnya sebagai pelajar dan karyawan kantoran. Dengan memiliki Laptop atau Notebook dapat membantu dalam proses belajarnya seperti mengerjakan tugas, mencari referensi dan lain-lain. Akan tetapi merupakan sebuah resiko bagi yang memiliki Laptop/Notebook akan kemungkinan mengalami kerusakan-kerusakan, baik kerusakan yang sifatnya hardware (perangkat keras) maupun software (perangkat lunak).
Kerusakan yang sering terjadi dari segi software yaitu terkena virus dan dari segi hardware yaitu baterai ngedrop atau daya penyimpanan berkurang. Untuk kerusakan software lebih cenderung mudah diatasi yaitu dengan maintenance, repair atau install software, tanpa ada pergantian spart parts atau onderdial dan dari biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu banyak dan terjangkau. Beda halnya dengan kerusakan di baterai yang memungkinkan pergantiaan spart parts yang harganya relatif mahal apalagi dengan baterai yang original. Laptop/Notebook adalah barang elektronik yang sifatnya portabel, sehingga peranan baterai sangat berpengaruh untuk penggunaannya, apalagi yang sering mobile.
Dengan realitas yang sering terjadi pada kerusakan baterai, maka perlu untuk perawatan yang baik sebelum terjadi gejala-gejala kerusakan pada baterai. Adapun gejala kerusakan baterai adalah sebagai berikut:
1.      Penggunaan baterai cepat habis dibandingkan penggunaan saat pertama pembelian
2.      Ketika charger baterai cepat penuh
3.      Kadang notebook sering mati sendiri ketika dalam proses kerja
Gejala-gejala tadi memiliki level-level sendiri, ada yang sudah parah, sedang dan rendah. Kalau keadaanya masih level rendah masih bisa untuk dirawat atau ditangani dalam pemakaiaanya. Akan tetapi dalam keadaan sedang dan parah solusinya perlu adanya pergantian baterai.
Dibawah ini solusi adalah solusi untuk merawat baterai Laptop atau Notebook.
1.      Saat pembelian Laptop/Notebook baru alangkah baiknya di charger dulu terlebih dahulu dalam keadaan mati minimal 8 jam. Dan untuk charger selanjutnya mengikuti indikator penuh.
2.      Alangkah baiknya notebook digunakan tidak sambil di charger. Hal ini untuk menghindari arus listrik yang tidak stabil yang masuk dalam baterai. Kalau tidak memungkinkan karena pemakaian yang lama, Laptop/Notebook boleh digunakan sambil di charger dalam keadaan baterai kosong/ mau habis. Dan kalau sudah dalam keadaan indikator penuh segeralah untuk di lepas chargernya.
3.      Jika Laptop/Notebook tidak digunakan dalam waktu lama, lebih baik baterai di lepas. Hal ini untuk menghindari kelembaban udara yang mengakibatkan menurunnya kualitas baterai.
4.      Jangan menggunakan software penghemat baterai, hal ini akan menyebabkan kinerja baterai tidak memenuhi standar. Buatlah setingan yang apa adanya.
Hal ke empat itu yang perlu kita perhatikan, banyak dari toko-toko komputer setelah menjual Laptop/Notebook tidak memberikan saran-saran tersebut. Mudah-mudah dengan tulisan ini bisa membantu pembaca untuk memiliki pengetahuan tentang cara perawatan Baterai Laptop /Notebook.
Penulis
Abdul Rohman

0 komentar:

Post a Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==