Kumpulan Informasi Tentang Kuliah

Saturday, January 10, 2015

Komputer tidak bisa booting

11:08:00 PM Posted by Abdul Rohman No comments
Waduh...komputer saya tidak bisa tampil...?
Waduh Laptop saya tidak mau masuk windows...?
Waduh  Notebook saya restart-restart terus...?

Keluhan seperti ini sering terjadi oleh pengguna-pengguna komputer, tampilan layarnya Bluescreen, No Signal, dll merupakan komputer tidak bisa booting.

Yang jadi pertanyaan adalah "Apa yang harus dilakukan pengguna komputer sebelum memasukan ke servisan komputer?". Nah disini penulis akan berbagi-bagi ilmu dan pengalaman cara mengatasi permaslahan komputer tidak bisa booting. Kadang-kadang keruskan komputer hanya sepele aja dan bisa juga kerusakan komputer memang agak berat.

Sebelum melakukan langkah perbaikan, kita harus mendiagnosa terlebih dahulu atas gejala komputer tidak bisa booting. Dibawah ini adalah diagnosa komputer tidak bisa booting yaitu:

  1. Sistem operasi (windows) rusak, biasanya hal ini kerusakan terdapat pada file booting windows yang rusak seperti "boot.ini".
  2. RAM sudah rusak atau tidak stabil
  3. Derajat processor terlalu panas
  4. Power supply sudah tidak stabil
  5. Hardisk kena badsector
  6. Motherboard rusak
Jadi ada 6 diagnosa/gejala kerusakan komputer tidak bisa booting. Dan yang sering terjadi adalah gejala yang pertama yaitu "Windows rusak".

Untuk mengatasi Komputer tidak bisa booting harus dilakukan langkah-langkah perbaikan yang paling mudah dulu yaitu sebagai contoh melakukan perbaikan RAM terlebih dahulu sebelum merepair windows atau instal ulang windows.

Prosedur perbaikaan "komputer tidak bisa booting"
  1. Bersihkan pin RAM dengan penghapus pensil (disarankan penghapus untuk pensil 2B), kadang-kadang RAM akan mengalami korosi karena faktor sirkulasi udara dalam casing, maka perlu di bersihkan.
  2. Kalau cara pertama belum bisa, maka perlu pergantian RAM, cobalah ganti RAM komputer atau notebook dengan RAM yang normal.
  3. Cara ketiga mengecek suhu kinerja processor dengan masuk ke aplikasi BIOS, apakah suhu processor normal atau tidak dan biasanya tingkat kenormalan suhu processor adalah 0 - 75 derajat celsius. Kalau suhu diatas 75 maka perlu diadakan perawatan atau perbaikan terhadap heatsink processor atau kipas processor. Dan cara ketiga ini direkomondasikan untuk komputer PC. Dan untuk laptop atau notebook dilakukan pengecekan terhadap sistem operasinya (windows) dengan merepair atau instal ulang windows.
  4. Kalau cara ketiga belum bisa, lakukan pergantian power supply, kadang-kadang power supply yang tidak stabil tidak akan bisa mengangkat power sehingga komputer akan merestart sendiri. Pengguna tidak disaran untuk membeli power supply terlebih dahulu pinjam teman atau saudara untuk mendeteksi awal kerusakan. Nah...kalau terpaksa harus beli, disarankan untuk mengecek sistem operasinya dulu.
  5. Cara keempat masih belum bisa juga, langkah selanjutnya perbaikan pada sistem operasinya (windows). Merepair dulu sebelum melakukan instal ulang dengan menggunakan master cd atau ufd sistem operasi (windows). Dan jika di repair tetap belum bisa maka diperlukan penginstalan windows di drive C: dengan memperhatikan data yang ada di drive C. Saran sebelum melakukan instal ulang melakukan backup data penting terlebih dahulu ke drive selain C: (system windows) sebagai contoh drive D atau E.
  6. Kalau tetap belum bisa juga setelah penginstalan windows, perlu dilakukan pengecekan terhadap kondisi hardisk. System windows tidak akan jalan bila terletak di track badsector hardisk. Nah..bagaimana cara mengatasi badsector..?. Ada beberapa cara yang perlu dilakukan yaitu; merepair badsector dengan program hirens, memformat ulang hardisk seperti keadaan hardisk baru tanpa partisi dan atau penggantian hardisk.
  7. Dan ternyata kondisi hardisk masih baik, diagnosa terakhir adalah kerusakan terdapat pada motherboard. Penulis menyarankan terlebih dahulu serviskan motherboard ke spesialis Motherboard sebelum gantinya.
Demikian ada 7 prosedur untuk melakukan perbaikan "komputer tidak bisa booting" mudah-mudahan bermanfaat.

=============== selamat mencoba =========================================

Penulis

Abdul R

0 komentar:

Post a Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==