Kumpulan Informasi Tentang Kuliah

Tuesday, January 6, 2015

Masalah Seputar Koneksi Notebook ke LCD Projector

6:21:00 PM Posted by Abdul Rohman No comments

Masalah seputar Notebook ke LCD Projector

LCD Projector sekarang sudah banyak digunakan di berbagai instansi-instansi negeri maupun swasta untuk mempresentasikan suatu informasi seperti sekolah-sekolah, universitas, kantor-kantor, perusahaan-perusahan. Jadi mau ga mau kita harus mengikuti perkembangan teknologi yang semula masih menggunakan OHP beralih menggunakan LCD Projector. Sebagai contoh dosen-dosen senior yang belum mengenal LCD projector di tuntut harus belajar mengoperasikan LCD Projector dan komputer dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.
Dalam realitasnya masih banyak kendala-kendala yang terjadi dalam mengoperasikan LCD dan komputer (Laptop/notebook) seperti: tidak tampil, tampil setengah, tidak bisa konek dan lain-lain. Dan ini biasanya pengaruh dari setingan LCDnya atau setingan dari notebooknya.
Dari setingan LCD biasanya lebih mudah di tangani karena setiap LCD mempunyai manual booknya, sehingga kalau ada kesalahan kita dapat petunjuk dari sana. Sebagai contoh memasukan input VGA ke display output, nah ini merupakan kekeliruan yang sepele, seharusnya input VGA masuk ke input Computer, dan hal ini banyak di jelaskan di manual book dan jarang pengguna tersesat dalam hal ini.
Nah... untuk yang berasal dari setingan komputer/notebook banyak orang yang belum paham akan sumber permasalahannya terkecuali seorang teknisi komputer. Sebagai contoh dosen dalam KBMnya menggunakan LCD projector dan notebook tidak bisa menampilkan powerpointnya ke LCD, padahal sudah dilakukan perintah Fn + F5 akan tetapi masih belum bisa tampil. Dan akhirnya dosen tersebut meminjam notebook temannya dan bisa tampil. Jadi permasahalan bersumber berasal dari notebooknya dosen tersebut.
Melihat permasalahan diatas maka penulis akan memberikan informasi seputar permasalahan dalam mengoperasikan komputer untuk diproyeksikan ke LCD.
"Tidak tampil". Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pengecekan di komputer/notebook sebagai berikut:
  1. Pastikan kabel VGA input masuk ke Computer in dan terpasang dengan benar.
  2. Pastikan ada bunyi alarm deteksi hardware seperti halnya kita memasukan flashdisk ke komputer maka akan ada alarm bunyi deteksi hardware.
  3. Lakukan perintah Fn + F5 dalam keyboard secara otomatis akan menampilkan ke LCD dengan pemilihan menu.
  4. Jika langkah ke 3 belum bisa tampil juga, maka yang perlu dilakukan adalah pengecekan driver vga, apakah sudah terinstal atau belum. Dan biasanya driver vga masih standar atau belum terinstal.Maka yang perlu dilakukan adalah buka program device manager.
  5. Jika Display Adapternya masih standar vga atau masih tanda seru/tanda tanya, maka harus dilakukan penginstalan drivernya. Driver bisa didapatkan dari bawaan cd motherboard atau dengan mendownload ke situs resmi motherboard atau vga.
  6. Setelah di instal drivernya di sarankan untuk direstart terlebih dahulu.
Dengan 6 langkah tersebut insyaALLAH presentasi anda berjalan dengan semestinya.


Penulis


Abdul Rohman

0 komentar:

Post a Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==