Kumpulan Informasi Tentang Kuliah

Tuesday, January 13, 2015

Software Antivirus

12:33:00 AM Posted by Abdul Rohman 1 comment
Kalau bicara tentang virus hampir semua orang pengguna komputer terutama pengguna sistem operasi dari Microsoft merupakan istilah yang tidak asing lagi. Ada keluhan, keresahan, kebingungan dan lain-lain. Yang lebih parahnya ada yang mengalami stress. Yang jadi pertanyaan adalah mengapa hal ini bisa terjadi?

Hal ini bisa terjadi karena dampak virus-virus komputer terhadap sistem operasi, kebanyakan yang terinfeksi atau tertular adalah pengguna sistem operasi dari Microsoft yaitu windows. Banyak variasi efek-efek komputer yang sudah terkena infeksi virus seperti; akses komputer lambat, banyak pesan komentar yang tidak jelas, ada beberapa program/aplikasi yang tidak bisa jalan, komputer log of sendiri dan yang sering kali kita jumpai adalah data hilang.

Wah... kalau sudah ada kata "data hilang" orang akan lebih panik dalam menghadapi itu, apalagi data tersebut sangat penting seperti data tugas akhir, skripsi, data kerja dan lain-lain. Ada yang mengatakan juga "dataku adalah hidup matiku".

Nah.. sekarang bagaimana solusinya bagaimana?

Dalam tulisan ini, penulis akan sedikit mengulas tentang pemilihan dan penggunaan software anti virus yang baik terutama untuk pengguna sistem operasi windows.

Sebelum menginjak ke solusinya, ada hal yang sangat penting bahwa penyebaran virus awalnya dari internet. Ada yang mengadakan "Bukannya dari flashdisk?", ternyata itu bukan. Orang-orang barat akan menyebarkan virusnya lewat internet dengan beberapa metode yang mereka terapkan seperti menempelkan virus dalam file downloadan dan akhirnya dengan file tersebut akan berkembang jika di masukan dalam storage atau drive komputer.

Untuk mengantisipasi hal tersebut kita harus punya penangkalnya, orang banyak mengatakan Anti Virus. Anti Virus yang digunakan harus mempunyai security internet seperti; Avira, AVG, Avast, Symantec dan lain-lain. Beda halnya dengan anti virus lokal seperti; Smadav. Kinerja Smadav ini belum bisa untuk security internet namun hanya bisa untuk security lokal aja seperti flashdisk, hardisk external dan lain-lain.

Jadi, akan lebih baiknya bagi pengguna windows terutama yang sering online harus punya anti virus yang mempunyai security internet. Bukannya kita harus meninggalkan anti virus lokal, akan tetapi menambahkan anti virus internasional untuk kepentingan security internet.

Yang sangat terpenting lagi, selain mempunyai anti virus internasional harus diperhatikan juga updatenya. Karena dengan update anti virus secara berkala akan memudahkan pendeteksian virus baru. Tanpa update tidak akan bisa membackup virus-virus baru.

Mudah-mudah dalam tulisan ini, dapat bermanfaat untuk semuanya. Terima kasih.

Penulis
Abdul Rohman

1 comment:

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==