Kumpulan Informasi Tentang Kuliah

Saturday, February 28, 2015

Mengenal Program Java

9:20:00 PM Posted by Abdul Rohman No comments
Java merupakan bahasa pemrograman berarar tinggi (high-level language), artinya adalah bahasa pemrograman yang berorientasi kepada bahasa manusia. Program yang dibuat menggunakan bahasa yang mudah dupahami oleh manusia. Dan biasanya menggunakan kata-kata bahasa inggris, seperti; IF untuk menyatakan "jika" dan AND untuk menyatakan "dan".

Java adalah bahasa pemrograman yang terkenal sehingga banyak digunakan untuk membangun program, dirilis pertama kali tahun 1995 oleh Sun Microsystems. Penciptanya adalah James Gosling.

Java merupakan pemrograman berorientasi objek (object oriented programming atau OPP) adalah suatu pendekatan yang memungkinkan suatu kode yang digunakan untuk menyusun program menjadi lebih mudah, lebih handal dan lebih mudah dipahami. Contoh "pewaris" merupakan fitur yang membuat kode yang telah ditulis dalam bentuk kelas sangat mudah untuk diwariskan ke kelas lain guna mendukung sifat reusble.

Kelas adalah suatu cetakan untuk membentuk objek. Sebagai contoh, Java menyediakan kelas bernama String. Dengan menggunakan kelas tersebut, objek yang berisi nama orang serta objek yang berisi identitas orang bisa dibentuk. Sebuah kelas mengandung dua bagian penting yaitu atribut dan perilaku. Atribut adalah data yang membedakan satu objek dengan objek yang lain. Sedangkan perilaku menyatakan suatu tindakan yang dikenakan terhadap objek; misalnya untuk mengubah atribut dalam objek, perilaku diterapkan dengan menggunakan metode.

Contoh: Ucapan.java
========================================================================
/Berkas: Ucapan.java

class Ucapan {
    public static void main(String[] args) {
        String pesan = "Selamat Belajar Java";

        System.out.println(pesan);
        System.out.println("Jumlah karakter = "
                           + pesan.length());
    }
}
=======================================================================
Program diatas akan menampilkan "Selamat Belajar Java" dan di ikuti dengan jumlah karakter yang menyusun string tersebut.

Hasilnya:

Ucapan.java



0 komentar:

Post a Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==