Saturday, May 9, 2015

Cara Mengatasi Notebook Tidak Mau Tampil

Dalam tulisan ini akan melanjutkan artikel yang sebelumnya yaitu: Cara Mengatasi Notebook Tidak Nyala, artikel tersebut membahas 2 gejala yaitu notebook mau tampil akan tetapi tidak bisa masuk sistem operasi dan notebook tidak mau tampil akan tetapi lampu indikator power dan hardisk masih hidup, dan masih 2 gejala lagi yang belum dibahas yaitu; notebook tidak mau tampil akan tetapi indikator lampu power masih hidup dan notebook tidak tampil dan lampu indikator power mati.

Untuk mengatasi gejala notebook tidak mau tampil akan tetapi indikator lampu power masih hidup, kemungkinan besar notebook tidak kuat staring power (tidak kuat ngangkat), dan hal ini biasanya kerusakan berasal dari hardware RAM, Power Supply, atau Motherboard. Langkah awal untuk mengatasi hal tersebut yaitu:

  1. Ambil RAM yang berada di dalam notebook
  2. Bersihkan Pin kuningan dengan menggunakan penghapus pensil
  3. Pasang kembali RAM
  4. Jika masih belum tampil gantilah RAM yang lain
  5. Jika masih belum tampil juga, Kita ganti PCB power yang berada di motherboard notebbok
  6. Jika masih belum tampil juga, Kita ganti Motherboard notebook yang lain. Akan tetapi untuk membeli Motherboard harus mempertimbangkan biaya. Saran saya, Kita cobakan untuk di servis ke tukang elektronik dulu.
Untuk mengatasi gejala notebook tidak mau tampil dan lampu indikator power mati, yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Cek terlebih dahulu arus listrik dari charger atau adaptor dengan multi tester
  2. Jika ada arus listrik dan tetap tidak tampil dan lampu power mati, maka lakukan langkah ke 5 dari gejala diatas.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Grup Kuliah - Posts · Comments
Powered by Blogger
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==