Wednesday, August 12, 2015

Cara Mendeteksi Bad Sector Dalam Hardisk

Bad Sector merupakan kerusakan yang berada dalam hardisk terutama dibagian sector. Bad Sector bisa diumpakan dengan adanya goresan yang berada dalam cd atau dvd disk, dengan goresan tersebut membuat reading dan writing terhambat, ada yang tersendat-sendat atau patah-patah, dan ada juga yang langsung berhenti dalam pemutarannya. Bad Sector juga hampir sama dengan hal tersebut, akan tetapi bad sector masih memungkinkan untuk diperbaiki dengan kondisi tertentu.

Bad Sector memiliki dua jenis yaitu:
  1. Bad Sector Lunak
  2. Bad Sector Fisik
Bad Sector yang masih bisa di perbaiki adalah bad sector lunak, dengan menggunakan software tool khusus seperti regenerator hardisk, hiren, dan lain-lain. Untuk proses waktu perbaikan akan membutuh waktu yang lama tergantung dari kapasitas hardisk. Dan untuk bad sector fisik kemungkinan besar akan mengalami kegagalan dalam perbaikannya, dan biasanya solusi yang dilakukan dengan mengganti hardisk.



Bagaimana cara mengetahui komputer sudah terkena bad sector? Dibawah ini adalah gejala-gejala yang terjadi ketika hardisk kena bad sector yaitu:
  1. Sebelum masuk sistem operasi/windows sering menscan disk drive sendiri dengan menampilkan beberapa analisis seperti jumlah file, jumlah folder, jumlah bad sector dan lain-lain. Jika terdapat jumlah bad sector berarti hardisk sudah terkena bad.
  2. Akses atau kinerja komputer melambat mulai dari pertama loading sampai dengan shutdown.
  3. Sering muncul komentar error ketika membuka program, sedang proses atau menutup program.
  4. Sering muncul Blu Screen atau layar biru ketika selama proses program berjalan.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Grup Kuliah - Posts · Comments
Powered by Blogger
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==