Saturday, November 21, 2015

Pengertian Sistem Komputer dan Komponen Sistem Komputer

Sistem Komputer adalah sejumlah komponen dalam komputer yang saling berhubungan, saling bekerja sama dan saling berinteraksi untuk mencapai tujuan komputasi. Dalam sistem komputer terdapat empat komponen pokok yaitu:
Pemroses
Memori utama
Perangkat I/O atau masukan dan keluaran
Interkoneksi antar komponen
Pemroses, berfungsi melakukan pengolahan data dan pengendalian operasi komputer. CPU (Central Processing Unit) merupakan komponen pemroses, dimana CPU bekerja dibagian Aritmatika dan Logik. Biasanya kebanyakan orang mengatakan CPU adalah kotak komputer PC selain monitor, dan keyboard mouse. Dalam Arsitektur Komputer, komponen CPU adalah processor atau otaknya komputer dan biasanya yang Kita kenal adalah Pentium 4, Dual Core, Core i3, Core i5, Core i7, AMD dan sebagainya. Selain dari CPU, terdapat komponen pendukung dalam pemroses adalah motherboard dan powersupply.
Memori Utama, berfungsi menyimpan data dan program. Program yang nantinya Kita operasikan harus disimpan di memori utama sebelum dapat dieksekusi. Data harus disimpan di memori utama sebelum dapat dimanipulasi oleh pemroses.
Perangkat I/O, berfungsi memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternal. Lingkungan eksternal dapat di interface (antarmuka) beragan perangkat seperti; (1) perangkat penyimpanan sekunder, (2) perangkat komunikasi, (3) terminal, dan sebagainya. Perangkat-perangkat ini berfungsi menghubungkan komputer dengan lingkungan luar sehingga dipengaruhi dan mempengaruhi lingkungannya. Contoh perangkat I/O adalah; keyboard, mouse, scanner, monitor, printer dan sebagainya.
Interkoneksi antar komponen, adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan ketiga komponen yaitu; pemroses, memori utama dan perangkat I/O. Secara fisik interkoneksi antar komponen berupa perkawatan baik berupa perkawatan logam atau cara koneksi fisik yang lainnya. Dalam realitasnya komponen interkoneksi tidak hanya perkawatan tapi juga tata cara atau aturan komunikasi diantara elemen-elemen yang terhubung yang berkomunikasi sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Interkoneksi antarkomponen ini membentuk satu sistem sendiri. Sistem interkoneksi antar komponen yang populer antara lain ISA, VESA dan PCI

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Grup Kuliah - Posts · Comments
Powered by Blogger
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==