Kumpulan Informasi Tentang Kuliah

Tuesday, November 17, 2015

Perbedaan VGA Onboard Intel Dengan Nvidia, ATI, dan SIS

12:06:00 PM Posted by Abdul Rohman No comments
VGA (Video Graphics Adapter) Onboard merupakan VGA Komputer atau laptop yang menjadi satu atau integrated dengan motherboard sehingga dalam kinerjanya masih mengandalkan memori motherboard. Dalam hal ini VGA masih mengambil memori dari RAM sehingga RAM yang diharuskan untuk focus ke CPU menjadi terbagi dua bagian yaitu untuk CPU dan VGA.

Merk VGA Onboard yang ada pada pasaran adalah sebagai berikut: (1) Intel, (2) Nvidia, (3) Ati, dan (4) Sis.

Nah.. apakah ada perbedaan antara VGA Onboard tersebut ?

Untuk VGA Onboard Intel dalam kinerjanya menggunakan system buffer. Buffer adalah sistem BIOS untuk mengalokasikan memori untuk VGA Onboard dengan memberikan ukuran kecil seperti 2 Mb, 4 Mb, 8Mb, akan tetapi dalam outputnya mengeluarkan kapasitas memori lebih besar. Contoh; dengan mensetting 8 Mb buffering VGA dalam sistem BIOS maka untuk keluaran memori dalam sistem operasi (windows, linux atau Max OS) akan lebih besar menjadi 256 Mb, sehingga dalam hal ini ada penghematan terhadap memori RAM. Akan tetapi dengan buffer tersebut menimbulkan kekurangan dalam pengoperasian grafis seperti Game, Multimedia dan sebagainya. Efek yang akan timbul yaitu tampilan grafis kurang bagus uktuk game dan multimedia, dan kadang kala juga terjadi gerakan patah-patah ketika menggunakan mouse.

Dan untuk VGA Onboard Nividia, Ati, dan SIS dalam kinerjanya tidak menggunakan non sistem buffer tapi pembagian memori secara murni. Jika Kita memberikan alokasi memori ke VGA sebanyak 256 MB maka untuk keluaran di sistem operasi akan keluar memori VGA 256 MB. Dalam hal ini RAM akan terpotong atau terambil murni oleh VGA Onboard sehingga boros terhadap ketersediaan memori RAM. Akan tetapi dalam pengoperasi aplikasi game dan multimedia, tampilan grafis akan lebih bagus dibandingkan dengan VGA Onboard Intel.


Itulah perbedaan antara VGA Onboard Intel dengan VGA Onboard Nvidia, Ati dan SIS, sehingga Kita bisa pengalaman untuk strategi untuk membeli sebuah PC atau Laptop.

0 komentar:

Post a Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==