Kumpulan Informasi Tentang Kuliah

Thursday, November 19, 2015

Sound Laptop atau Notebook Tidak Bunyi

5:01:00 PM Posted by Abdul Rohman 1 comment
Sound Laptop atau Notebook Tidak Bunyi  merupakan masalah yang berkaitan dengan kondisi software atau dengan hardware dalam Laptop atau Notebook. Software yang dimaksud disini adalah (1) Driver yang fungsinya sebagai pengenalan hardware kepada sistem operasi (windows, linux maupun max os), dan (2) BIOS, yang fungsinya sebagai pengaturan terhadap hardware. Sedangkan berkaitan dengan hardware adalah perangkat keras sound yang fungsinya sebagai input dan output multimedia (sound/suara), contohnya soundcard.

Melihat dari kaitannya diatas maka, diagnosa terhadap “Sound Laptop atau Notebook Tidak Bunyi “ adalah sebagai berikut:
(1) Settingan BIOS yang masih terdisable atau non aktif
(2) Driver sound yang belum terinstal atau hilang
(3) Instalan driver tidak cocok dengan hardware sound card
(4) Hardware sound card rusak secara fisik (elektronika)

Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi Sound Laptop atau Notebook Tidak Bunyi adalah :
(1) Setting BIOS dengan masuk F1, F10, atau ECS (tergantung jenis motherboard laptop), dan masuk kesettingan onboard sound yang berada di menu integrated. Dari sana Kita menemukan beberapa hardware onboard, yang perlu Kita pilih adalah onboard sound dengan mengubah disable menjadi enable.
(2) Hal ini bisa Kita lihat dari device manager yang berada di menu sistem hardware, dan biasanya sound berada dalam bagian device multimedia, driver yang hilang ditandai dengan tanda tanya pada soundnya. Dan silahkan untuk di instal kembali driver soundnya.
(3) Carilah informasi terlebih dahulu kaitannya dengan merk atau versi hardware yang berada dalam motherboard notebook. Contoh Kita bisa searching di google dengan kata kunci “download driver notebok seri ......”, disana akan akan menemukan merk atau versi hardware sound yang sebenarnya. Dan silahkan untuk di download.
(4) Hardware sound card rusak ditandai dengan cara no. 1, 2 dan 3 tidak berhasil. Untuk mengatasi hal ini ada dua cara yaitu; cara pertama, Kita ganti chipset sound card yang berada di motherboard laptop, yang hal ini akan memakan waktu lama. Cara kedua Kita bisa menggantikan sound card dengan USB Sound, yang pemasangannya di port USB luar. Mengganti dengan USB sound ini adalah yang paling mudah dan harganya juga tidak mahal.

Jenis USB Sound seperti gambar diatas.

1 comment:

  1. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    ReplyDelete

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==