Sunday, September 11, 2016

Media Presentasi Interaktif Menggunakan Microsoft Power Point

Dalam kesempatan ini, penulis akan membahas tentang pembuatan media presentasi interaktif menggunakan Microsoft Power Point. Apa saja yang perlu diperhatikan atau dipersiapkan untuk membuat media tersebut. Microsoft Power Point merupakan aplikasi atau program yang familiar, banyak digunakan untuk penyampaian materi dan laporan, terutama para pendidik/pengajar/tutor. Dengan menggunakan Power Point, seorang pendidik akan terbantu dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran. Selain itu juga dari pihak siswa/pelajar akan termotivasi untuk belajar yang optimal. Nah... seperti apa konsep media presentasi (power point) untuk memenuhi kebutuhan tersebut diatas ?. Konsep media presentasi yang interaktif.Untuk menciptakan media presentasi interaktif dengan menggunakan Microsoft Power Point harus mengandung unsur-unsur sebagai berikut:
1. Gambar
2. Audio
3. Video
4. Animasi
5. Link
6. Timbal balik
Ke-5 unsur diatas harus tercantum dalam media Power Point.
Gambar, audio, video, dan animasi maupun link memberikan penjelasan tambahan atas point dalam slide, sehingga siswa dapat memahami secara mendalam. Sebagai contoh; Kita menjelaskan tentang sejarah Tugu Soeharto di semarang, dan akan lebih baiknya bisa Kita tampilkan gambar atau video Bangunan Tugu Soeharto tersebut. Contoh lain menjelaskan proses pergerakan bulan mengelilingi bumi dengan menampilkan animasi pergerakan bulan tersebut.
Link dan Timbal balik dapat diterapkan, apabila Kita ingin memberikan interaktif secara langsung kepada siswa, dan siswa akan terlibat penuh dalam media power point tersebut. Contoh Link dan Timbal balik adalah soal atau latihan, sehingga Kita dapat mengukur kemampuan siswa.
Untuk membuat soal dalam power point, membutuhkan aplikasi tambahan, yang dapat di integrasikan dengan Power Point tersebut. Aplikasi tersebut adalah Microsoft Visual Basic. Secara teknisnya akan muncul menu atau icon Visual Basic.
Demikian ulasan umum media presentasi yang interaktif dalam Microsoft Power Point.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Grup Kuliah - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger