Kumpulan Informasi Tentang Kuliah

Friday, November 4, 2016

Media Pembelajaran Interaktif dengan Macromedia Authorware

10:13:00 AM Posted by Abdul Rohman 2 comments
Dalam kesempatan ini, saya akan membahas tentang media pembelajaran interaktif dengan menggunakan software atau program Macromedia Authorware.

Media pembelajaran interaktif merupakan penggunaan media pembelajaran yang bisa menimbulkan timbal balik antara siswa dengan sumber belajar/guru. Dengan model pembelajaran interaktif , seolah-olah terjadi komunikasi dua arah antara siswa dan guru yang membawakan materi pembelajaran melalui media.

Untuk saat ini banyak sekali media interaktif yang dibuat oleh pengembang media baik untuk keperluan individu maupun kelompok. Dalam era teknologi ini, media interaktif berkembang sangat baik, karena sudah diperbantukan oleh aplikasi-aplikasi komputer untuk memproduksi media pembelajaran. Sebagai contoh media pembelajaran dengan CD Interaktif yang dibuat dengan aplikasi multimedia seperti; Flash, Power Point + Visual Basic, Authorware, dan lain-lain.

Merupakan sebuah tantangan bagi para pendidik diberbagai jenjang, untuk mengembangkan media interaktif. Akan tetapi dalam produksi media interaktif, seorang guru merasa kesulitan, karena diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk proses produksinya.

Jika Kita lihat secara teknis pembuatan media interaktif dengan aplikasi multimedia, memiliki level atau tingkat kesukaran dan kemudahan masing-masing. Seperti aplikasi Flash, akan sangat sulit untuk dipergunakan oleh seorang guru, bahkan Power point + Visual Basic juga sangat sulit untuk diterapkan dalam pembuatan media, yang banyak script-script pemrograman komputer.

Nah... berbeda dengan Aplikasi Macromedia Authorware, yang secara teknik lebih mudah untuk dioperasikan, karena penggunaan aplikasi cenderung menggunakan GUI (Graphics User Interface) atau kata lainnya, lebih banyak menggunakan mouse untuk setting dan konfigurasi aplikasi.

Macromedia Authorware merupakan solusi bagi para pendidik yang ingin membuat media interaktif dengan kemudahan mengoperasikan dan memproduksikannya. Selain itu juga untuk tutorialnya juga sudah banyak referensinya di internet.

Demikian pembahasan tentang media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Macromedia Authorware. Dan jika ada pertanyaan tentang produksi media pembelajaran interaktif, silahkan untuk berdiskusi atau berkomentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

2 comments:

  1. Loh, pripun niki, mas? Kok nggak ada contoh (tutorial) yg ditautkan? kok nggak ada program software-nya yg disertakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas masukannya, sekarang sudah saya berikan di link teksnya.

      Delete

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==