Monday, May 1, 2017

4 Tips Cara mengatasi komputer atau laptop lemot

Dalam kesempatan ini, saya akan membahas bagaimana cara mengatasi komputer atau laptop lemot alias lambat.

Permasalahan komputer atau laptop lemot saat sering terjadi oleh pengguna komputer, sehingga pengguna merasa rugi dan bahkan membuat emosi. Apalagi ketika suatu pekerjaan yang belum selesai, tiba-tiba komputer atau laptop menjadi lemot, dan sudah barang tentu akan merugikan waktu dan bahkan merasa jengkel.

Ada 4 hal yang dapat mengakibatkan komputer atau laptop menjadi lemot yaitu sebagai berikut:
1. Kapasitas drive C (system) yang terlalu penuh
2. Terdapat 2 antivirus dengan kapasitas dan kinerja yang berat seperti AVG, Avira dan lain-lain
3. Terdapat virus yang tersembunyi, sehingga Kita susah untuk mengetahuinya
4. Terdapat aplikasi yang tidak jelas. Aplikasi ini terinstal secara otomatis, ketika sedang berkoneksi internet.

Nah.. dengan mengetahui penyebab terjadinya komputer atau lemot tersebut diatas, maka secara otomatis untuk cara mengatasinya akan lebih mudah untuk dilakukan yaitu dengan melakukan 4 tips, sebagai berikut:

1. Kapasitas drive C yang terlalu penuh dapat mempengaruhi kinerja komputer, sehingga komputer atau laptop menjadi lemot. Maka yang dapat Kita lakukan adalah dengan mensisakan atau mengosongkan kapasitas driver C sebesar 10 % dari jumlah kapasitas drive C. sebagai contoh, drive C memiliki kapasitas 100 GB, maka yang perlukan disisakan atau dikosongkan sekitas 10 GB.

2. Dua antivirus dengan kapasitas dan kinerja yang berat sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer, karena antivirus tersebut bekerja ketika komputer hidup sampai dengan komputer dimatikan. Dimana antivirus tersebut menjalankan scan otomatis, deteksi otomatis dan update otomatis. Maka dengan itu yang dapat Kita lakukan adalah dengan mengurangi antivirus tersebut. Cukup dengan satu antivirus aja, yang terpenting harus sering update antivirus.

3.  Terdapat virus yang tersembunyi dapat mempengaruhi kinerja komputer atau laptop, karena secara diam-diam virus itu menyebar dan berkembang biak di seluruh sistem maupun data. Maka yang dapat Kita lakukan adalah dengan menscan virus secara berkala dengan antivirus yang update

4. Terdapat aplikasi yang tidak jelas dapat mempengaruhi kinerja komputer atau laptop juga, karena kecenderungan aplikasi ini diciptakan untuk merusak sistem komputer atau laptop Kita dengan tujuan-tujuan tertentu. Maka yang dapat Kita lakukan adalah dengan meneliti aplikasi yang kadang-kadang timbul atau tampil secara tiba-tiba, padahal aplikasi tersebut belum pernah Kita instal. Maka yang dapat Kita lakukan adalah dengan segera untuk menghilangkan atau uninstal aplikasi tersebut melalui control panel dan tanpa koneksi internet.

Demikian beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi komputer atau laptop lemot.
Sekian dan terima kasih.
Semoga bermanfaat

1 komentar:

 
Copyright © . Grup Kuliah - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger