Kumpulan Informasi Tentang Kuliah

Wednesday, October 2, 2019

UPCC KERJASAMA USAID-RWAP BEKALI MAHASISWA UNPAND DENGAN PELATIHAN SOFTSKILLS SIAP KERJA

3:51:00 PM Posted by Abdul Rohman 1 comment


UPCC (UNIVERSITAS PANDANARAN CAREER CENTER) bersama dengan USAID-RWAP (United State Agency for International Development) atau Badan Pembangunan Internasional Amerika, adalah badan independen dari pemerintah Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas bantuan untuk bidang ekonomi pembangunan dan kemanusiaan untuk negara-negara lain didunia, mengadakan kegiatan pelatihan Soft skills Siap Kerja yang digelar di Auala Universita Pandanaran Semarang.



Peserta pelatihan dibagi menjadi 7 batch dan tiap bact berisi 45 mahasiswa.
Pelatihan Softskills siap kerja ini dilaksanakan dari tanggal 5 Agustus sampai dengan 22 September 2019, dimana setiap batch mendapatkan pelatihan selama dua hari. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengembangan diri, kemampuan komunikasi, kerjasama dan kepemimpinan dan keuangan untuk menghadapi dunia kerja kelak.




Kegiatan dimulai dan dibuka oleh Bapak  oleh Toto Purwanto sebagai Chief of Party USAID-RWAP, didampingi oleh Ibu Nina selaku Koordinator USAID-RWAP dan Rektor Universitas Pandanaran Ibu Agustien Zulaidah, ST, MT berserta jajarannya.



Acara ini diisi dengan berbagai macam aktivitas dan permainan ditengah-tengah pemberian materi atau sesi. Ada lima materi yang diberikan untuk mahasiswa yaitu; leadership, keuangan sehat, teknik membuat cv dan wawancara, pengembangan diri dan kemampuan komunikasi. Dan tidak lupa, peserta harus menerapkan 4A (Aktivitas, Analisa, Abstraksi , Aplikasi) dan active learning yang diajarkan agar materi dapat diterima dan diserap dengan baik.




Tujuan dari pelatihan ini ada tiga yaitu meningkatkan kemampuan dan keahlian peserta untuk persiapan dunia kerja (Skill), mendapatkan pengetahuan mengenai soft skill siap kerja (Knowledge), dan menjadi mahasiswa yang berkarakter serta memiliki perilaku baik serta berbudi luhur (Attitude).




Dalam pelatihan softskills di unpand ini di fasilitatori oleh 3 dosen yang kompeten dan sebelumnya sudah dibekali oleh Training of Trainer oleh USAID-RWAP, yaitu; (1) Dra Cicik Harini, MM, (2) Tiara Nove Ria, S.Pd, M.Pd, dan (3) Abdul Rohman, S.Pd, M.Kom.

1 comment:

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==