Kumpulan Informasi Loker dan Kuliah di Indonesia

Thursday, April 30, 2020

Benarkah olahraga dapat mencegah Covid19 ?

2:42:00 PM Posted by Abdul Rohman No comments

Meningkatkan kekebalan tubuh menjadi hal yang penting dan pesan yang  dikumandangkan saat pandemi virus Corona Covid-19. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencapainya adalah dengan olahraga.

Pakar penyakit menular dari Walter and Eliza Hall Institute, Australia yaitu Marc Pellegrini, ia menyebut kunci untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia adalah dengan vaksin.

Namun, karena saat ini belum ada vaksin untuk Corona Covid-19, maka banyak pakar kesehatan menganjurkan masyarakat untuk menjaga sistem imun dengan melakukan pola makan seimbang, olahraga yang teratur, dan tidur cukup.

Makanan memiliki nutrisi yang secara langsung berdampak pada kesehatan. Sementara aktivitas fisik dengan berolahraga membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru, serta mengurangi kemungkinan terkena flu, pilek, atau penyakit lainnya.

Menurut CEO Brownings Fitness, MaryAnn Browning "Olahraga juga mengurangi kadar hormon stres tubuh, seperti adrenalin dan kortisol.

"Kadar hormon stres yang lebih rendah dapat melindungi dari penyakit. (Olahraga) juga merangsang produksi endorfin, bahan kimia di otak yang merupakan obat penghilang rasa sakit alami dan pengangkat suasana hati,"

Banyak penelitian yang menunjukkan manfaat jangka panjang dari olahraga. Manfaatnya tidak hanya untuk sistem kekebalan tubuh, tetapi juga dapat menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.

sumber: liputan6.com

0 komentar:

Post a Comment