Kumpulan Informasi Tentang Kuliah

Thursday, April 9, 2015

Konsep Subnetting

11:30:00 PM Posted by Abdul Rohman No comments
Mengapa dan untuk apa kita perlu subnetting? Pertanyaan ini bisa dijawab dengan analogi sebuah jalan. Jalan bernama Jendral Sudirman terdiri dari beberapa rumah bernomor 01 sampai 10. Rumah nomor 05 adalah rumah Ketua RT yang memiliki tugas untuk mengumumkan informasi atau berita apapun kepada seluruh rumah di wilayah Jl. Jendral Sudirman.

 
Ketika keadaan rumah di wilayah JL. Jendral Sudirman makin banyak, maka akan menimbulkan keruwetan dan kemacetan. Karena itulah kemudian diadakan pengaturan dengan membuat gang-gang, rumah yang masuk gang diberi nomor baru, dan tiap gang ada ketua RTnya sendiri-sendiri. Sehingga akan memecahkan kemacetan, efesiensi dan optimalisasi transportasi, serta setiap gang yang memiliki rambu-rambu sendiri dalam mengelola wilayahnya.


Analogi diatas dinamakan konsep subnetting. Disatu sisi subnetting mempermudah pengelolaan, misalnya dalam suatu kantor ingin membagi tim kerja menjadi 3 departemen dengan masing-masing departemen memiliki 20 komputer (host) setiap ruangannya. Selain itu juga subnetting digunakan untuk mengoptimalisasi dan mengefisiensi kerja jaringan, karena jalur lalu lintas tidak terpusat disatu network besar, tetapi terbagi ke beberapa ruas-ruas gang.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini yang merupakan analogi dari gambar pertama:

Network yang tadinya nama jalan dan Host yang tadinya nomor rumah dan Broadcast yang semula ketua RT. Broadcast ini bertugas untuk mengirim pesan kesemua host yang ada di network tersebut. Dan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan dan keruwetan dalam mengirim informasi maka dianalogikan gambar yang kedua, dimana setiap gang adalah SUBNET, dan masing-masing subnet memiliki host address dan broadcast address, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:


0 komentar:

Post a Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==