Saturday, November 14, 2015

Apa itu Android ? dan Apa Hubungannya dengan Google ?

Mendengar kata Android dalam sehari-hari tidaklah asing lagi yang hubungan dengat alat telekomunikasi. Kadangkala sebuah perangkat telekomunikasi seperti smartphone atau yang lain sering disebut android, padahal pada kenyataanya dua hal tersebut sangatlah berbeda, smartphone adalah perangkat keras sedangkan android adalah perangkat lunak.

Android merupakan sebuah sistem operasi untuk perangkat bergerak atau mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi. Android menyediakan platform terbuka atau open source bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka. Awalnya, Google Inc. Membeli Android Inc yang dikembangkan oleh perusahaan kecil di Silicon Valley. yang merupakan pendatang baru yang membuat perangkat lunak untuk perangkat bergerak atau mobile seperti ponsel atau smartphone.

Kemudian untuk mengembangkan Android , dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan perangkat keras, perangkat lunak dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Motorola, Intel, Qualcomm, T.Mobile dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, pada tanggal 5 November 2007, Android bersama OHA menyatakan mendukung pengembangan open source pada perangkat bergerak atau mobile.

Pada saat ini di dunia terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android yaitu pertama yang mendapat dukungan penuh dari google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah Android yang benar-benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung dari Google atau dikenal dengan sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Pada Bulan September 2007, Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis smartphone yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Pada saat itu telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation.

Pada Tanggal 9 September 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communication, diproduksi oleh Asustek Computer Inc. Gramin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group PLc.

Sering dengan terbentukNYA Open Handset Alliance (OHA), OHA mengumumkan produk perdana Android, perangkat mobile yang merupakan modifikasi dari kernel Linux 2.6.
Hal ini sangat menarik, Android tidak hanya ditujukan untuk ponsel, tetapi juga perangkat elektronika bergerak dilainnya. Pada tahun 2012, Android telah digunakan pada perangkat-perangkat seperti;
  1. smartphone
  2. tablet
  3. Peranti pembaca buku elektronik
  4. Netbook
  5. MP4 player
  6. TV internet

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Grup Kuliah - Posts · Comments
Powered by Blogger
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==