Kumpulan Informasi Tentang Kuliah

Friday, November 13, 2015

Perbedaan Iklan Sosial dan Iklan Komersial

1:06:00 PM Posted by Abdul Rohman No comments
Meskipun iklan banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga maupun perorangan tidak selamanya iklan bersifat komersil sehingga iklan dapat dibedakan menjadi dua sifat, yaitu sifat sosial dan sifat komersial.

Apakah Kita bisa membedakan mana yang iklan yang bersifat sosial dan iklan yang bersifar komesial ?

Iklan sosial dalam visual atau audio visual bertemakan sosial atau kemasysrakatan tanpa mempertimbangkan keuntungan secara materi, dan iklan ini biasanya memiliki tujuan untuk kebaikan-kebaikan kehidupan masyarakat. Iklan ini banyak dilakukan oleh lembaga non-profit, keagamaan, pemerintah, serta lembaga sosial. Contohnya iklan layanan masyarakat bahaya narkoba, AIDS, belajar masyarakat, demam berdarah, program KB dan sebagainya.

Iklan komersial, artinya reklame yang menawarkan produk atau jasa dengan mempertimbangkan untung ruginya. Dibeberpa perusahaan iklan dimasukan kedalam biaya produksi. Contohnya, iklan rokok, minuman, sabun mandi, kartu GSM, kartu CDMA dan sebagainya.


Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa iklan yang menggabungkan antara iklan komersial dengan iklan sosial seperti; iklan rokok yang di pajang dijalan-jalan, komersialnya adalah menawarkan produknya dan sosialnya adalah memperingati bahayanya rokok bagi kesehatan. Yang jadi pernyataanya adalah seberapa besar pengaruh iklan komersial dan iklan sosial pada rokok terhadap masyarakat yang melihatnya. Apakah terpengaruh untuk beli rokoknya atau terpengaruh untuk menghindari rokok.

0 komentar:

Post a Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==