Kumpulan Informasi Loker dan Kuliah di Indonesia

Saturday, November 7, 2015

Macam Media Komunikasi Grafis

11:52:00 AM Posted by Abdul Rohman 16 comments
Macam Media Komunikasi Grafis

Media adalah sarana untuk menyampaikan pesan atau informasin kepada publik atau audien dengan menggunakan unsur-unsur komunikasi grafis seperti bentuk, teks atau gambar. Dalam kehidupan sekarang ini media komunikasi grafis sangat banyak jumlah dan jenisnya. Menurut pakar desain grafis yaitu Freddy Audiono Basuki, media komunikasi grafis secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi 5 bentuk yaitu sebagai berikut:

  1. Media cetak (printed material), contohnya: poster, stiker, sampul buku, pembungkus, selipat (folder), leaflet, amplop, kop surat, tas belanja, katalog, iklan majalah, dan surat kabar.
  2. Media luar ruangan (outdoor), contohnya: spanduk, papan nama, umbul-umbul, neon box, neon sign, billboard, baliho, mobil boks.
  3. Media elektronik (eletronic), contohnya: radio, televisi, internet, film, program video, animasi dan cd interaktif
  4. Tempat pajang (display), contohnya; etalase, madding, desain gantung, point of purchase, floor stand
  5. Barang-barang kenangan (special offer), kaos, topi, payung, gelas, souvenir, sajadah, tas, dan sebagainya.


Dari setiap jenis media grafis memiliki karakteristik atau ciri sendiri sendiri, tergantung kepada tujuan penggunaan media tersebut.

16 comments:

  1. APLIKASI BIOTEKOLOGI DALAM BIDANG PETERNAKAN  Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Dewasa ini, perkembangan bioteknologi

    ReplyDelete
  2. Buat kamu yang suka nyablon alangkah baiknya untuk mengetahui jenis sablon terbaik yang berkualitas tinggi

    ReplyDelete