Saturday, June 3, 2017

Perbedaan warna RGB dan CMYK dalam desain grafis

Mungkin Kita pernah mendengar warna RGB dan warna CMYK. Warna RGB biasanya tertera pada produk display elektronika seperti TV dan LCD, sedangkan warna CMYK tertera pada produk cetak, seperti printer.

Nah... dalam artikel ini, akan dibahas bagaimana perbedaan warna RGB dan CMYK secara desain keilmuan desain grafis.

Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer, karena warna latar belakang komputer adalah hitam. Jadi, R adalah Red (merah), G adalah Green (hijau), dan B adalah Blue (biru) sebagai warna dasar difungsikan sebagai itensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar belakang yang gelap (hitam).

Warna CMYK adalah warna yang dikenal dalam proses printing dan percetakan. CMYK terdiri dari C adalah Cyan, M adalah Magenta, Y adalah Yellow dan K adalah Black. Warna CMYK digunakan untuk tampil seimbang dengan latar belakang putih dari bahan cetak seperti kertas dan lain-lain.

Warna RGB lebih terang dan jelas, biasanya menghasilkan besar kapasitas file yang lebih kecil. Warna RGB sangat cocok untuk presentasi visual dalam tampilan monitor seperti desain halaman web. Ketika suatu karya desain dalam format RGB akan di print/cetak, maka warna RGB harus dikonversi terlebih dahulu ke dalam model warna CMYK. Hal ini, karena printer dan mesin percetakan hanya mengenal pewarnaan CMYK sebagai model warna dari kalibrasi di mesin cetak.

seringkali beberapa karya desain yang akan di cetak masih dalam format RGB dan ketika di konversi menjadi warna CMYK, warna biasanya akan berubah menjadi lebih redup dan tidak secerah warna yang tampil pada format/model RGB. Maka solusinya, desainser harus memastikan dulu desainnya tampil dengan warna yang diinginkan dalam format warna CMYK, karena yang keluar darin mesin cetak adalah warna dengan model CMYK.

Dalam beberapa software atau aplikasi desain grafis mengizinkan untuk bekerja dengan memilih antara model warna (RGB atau CMYK), sehingga yang akan Kita desain sesuai dengan produk tujuan (ditampilkan di monitor atau di cetak).

Demikian perbedaan warna RGB dan CMYK dalam lingkup desain grafis.
Semoga bermanfaat.

Sumber: Ibnu Teguh Wibowo

2 komentar:

 
Copyright © . Grup Kuliah - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger