Monday, December 11, 2017

Pemanfaatan Wordpress dalam Pembelajaran

Pemanfaatan Wordpress dalam Pembelajaran
oleh: Eri Pradiptya 1102415005 / eripradiptya@gmail.com

Istilah teknologi informasi dan komunikasi mulai populer di akhir tahun 1970. Sebelumnya teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer. Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah elemen penting dalam kehidupan pada era ini. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan pada bidang pendidikan, transportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena itu sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia , mulai dari keterampilan dan pengetahuan, perencanaan, pengoperasian, perawatan dan pengawasan, serta peningkatan kemampuan pada bidang teknologi informasi. Sehingga pada akhirnya akan dihasilkan output yang sangat bermanfaat baik bagi manusia sebagai individu itu sendiri maupun bagi semua sektor kehidupan.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi harus dipahami sebagai sebuah projek yang memiliki sifat berkemajuan, perlu adanya pengenalan teknologi informasi kepada khalayak ramai bahwa dengan teknologi dapat menunjang segela keterbatasan yang ada, terlebih pada bidang pendidikan dan teknologi pendidikan. Orientasi pembelajaran harus mulai digeser yang semula belajar menggunakan teknologi informasi menjadi teknologi informasi yang digunakan untuk belajar. Pasalnya jika teknologi informasi terus dipelajari sama saja mengejar hal yang tidak ada ujungnya. Teknologi informasi adalah sebuah hal yang terus berkembang di setiap detiknya di berbagai belahan dunia, bisa jadi teknologi yang kita pelajari saat ini adalah teknologi yang sudah mulai ditinggalkan oleh negara lain, maka dari itu pemanfaatan teknologi harus diarahkan menjadi sarana belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengatasi berbagai keterbatasan yang dihadapi oleh siswa. Kaitannya dalam hal ini adalah pemanfaatan internet sebagai tempat belajar siswa dimanapun dan kapanpun, hal tersebut dapat direalitasikan dengan menggunakan Wordpress.

Internet merupakan salah satu sarana yang paling praktis saat ini, disaat perkembangan teknologi infomasi yang sedang maju pesat, sehingga website merupakan media yang sangat tepat untuk sarana pendidikan online bagi masyarakat pada umumnya dan khusunya untuk mahasiswa terutama di perguruan tinggi di indonesia. Media Internet merupakan salah satu hal yang saat penting dalam pengembangan pembelajaran bagi pendidikan di Indonesia, dimana diharapkan dengan berjalannya sistem pembelajaran online melalui internet dapat melakukan perubahan baru bagi pendidikan di Indonesia yang selama ini masih miskin dengan informasi. Kemiskinan akan Informasi di landasi dengan banyak faktor diantaranya adalah masih belum menguasainya teknologi informasi dan komunikasi serta teknologi komputer. Pembelajaran secara online tersebut akan dapat dimaksimalkan dengan adanya platform Wordpress.

Wordpress merupakan suatu aplikasi perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat dillihat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa di operasikan. Pengertian Software Komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah/instruksi program.

Wordpress merupakan aplikasi web yang bersifat Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software). WordPress dimulai pada tahun 2003 dengan bit kode tunggal untuk meningkatkan tipografi penulisan setiap hari yang mana beberapa orang yang suka menulis masih dapat dihitung dengan jari. Sejak saat itu, wordpress telah tumbuh menjadi alat Wordpress hosting pribadi (self-hosted Wordpressging) terbesar didunia. Telah digunakan ratusan ribu pemakai dan dilihat oleh 10 juta orang per harinya.

Wordpress lahir dengan keinginan untuk tampil elegant / baru. Well-architectured / system yang dirancang berbasiskan PHP dan MySQL. WordPress adalah program yang baru, tetapi dasar dan pengembangannya tetap seperti tahun 2001. WordPress merupakan produk yang mantap dan stabil. Para pengembang wordpress berharap bahwa dengan mengutamakan kepuasan para pemakai, dan menjaga standar yang baik, maka mereka dapat menciptakan suatu produk / program yang berbeda dari yang lain dimanapun.

Adanya pembelajaran secara online dengan menggunakan Wordpress yang dapat diakses melalui media internet dapat menambah dan meng-update informasi bagi mahasiswa untuk proses belajar dan penelitian. Perguruan tinggi sebagai tonggak pendidikan, dapat merencanakan metode pembelajaran sehingga dihasilkan seperti menghasilkan paket-paket perkuliahan (course content) yang dapat diakses secara online melalui jaringan intranet atau internet. menghasilkan modul-modul pembelajaran untuk program pelatihan, penjelasan suatu proses/prosedur atau online help yang berbasis multimedia.

Manfaat Wordpress sangat banyak, tergantung dari segi mana dan oleh siapa wordpress itu dipandang. Dalam dunia pendidikan pemanfaatan media wordprss dapat meningkatan kualitas diri dan kompetensi seorang dosen. Dengan kekuatan yang dimiliki Wordpress, seorang dosen dapat menuliskan apapun tentang kegiatan di kampus seperti menceritakan kegiatan belajar, metode belajar yang menyenangkan bersama mahasiswa, menceritakan inovasi dalam metode mengajar yang memang menarik minat dan bisa jadi contoh bagi dosen yang lain untuk dipraktekkan di kelas mereka, menuliskan berbagai keluhan mengenai kebijakan sekolah. Wordpress bisa menjadi cermin evaluasi diri karena tulisan-tulisan juga dikomentari oleh banyak orang dengan berbagai sudut pandang, sehingga kita juga belajar memahami berbagai karakter orang dan sudut pandang seseorang menyikapi masalah. Selain itu dengan memanfaatan media Wordpress memungkinkan seorang dosen untuk bertukar pikiran dengan dosen lain di manapun, sharing kiat mengajar, bahan ajar dan sebaginya yang semuanya memperlancar kegiatan belajar mengajar dalam rangka peningkatan kompetensi dosen dan pendidikan pada umumnya.

Sebagai media ajar seorang dosen dapat mengunggah bahan ajarnya di sini sehingga mahasiswanya dapat mempelajarinya melalui Wordpress ini. Bahkan lebih dari itu, tidak hanya mahasiswanya secara formal saja yang dapat menikmati bahan ajar itu melainkan semua orang yang membutuhkannya. Sebagai media belajar web Wordpress dapat digunakan untuk memposting atau mengarsip apa-apa yang didapat setelah berselancar di internet. Tidak hanya bermanfaat untuk dosen, menggunakan web Wordpress ini juga sangat beramnfaat untuk siswa sebagai media belajar karena materi ajar yang akan diberikan dikampus ditampilkan sebagai layout halaman web. Hal ini sebagai suatu solusi sistem pengajaran diluar kelas sekaligus mengenalkan mahasiswa dalam dunia teknologi dan informasi khususnya dunia internet. Sebagai media mengajar atau lebih tepatnya media saling berbagi untuk dosen dan mahasiswa.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Grup Kuliah - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger