Kumpulan Informasi Loker dan Kuliah di Indonesia

Wednesday, April 5, 2017

Pengertian Iklan

9:42:00 PM Posted by Abdul Rohman No comments
Dalam kesempatan ini saya akan membahas berbagai pengertian iklan, yang selama ini tidak asing lagi di telinga Kita, semua stasiun TV, media cetak tidak terlepas oleh iklan. Dimana iklan tersebut merupakan sumber income dalam perusahaan TV atau media cetak.

Iklan meruapakan media komunikasi grafis paling populer saat ini dan menjadi media pemasaran paling potensial bagi siapapun. Kata iklan memang relatif sama maknanya dengan reklame yang berasal dari bahasa latin, yaitu re clamo. re adalah berulang-ulang, sedangkan clamo yaitu berseru.

Iklan sendiri berasal dari bahasa inggris  yaitu: advertisement, sehingga di Indonesia dikenal dengan sebutan advertising atau periklanan.

Dibawah ini adalah beberapa definisi iklan yaitu sebagai berikut:

1. Iklan merupakan kekuatan yang menarik yang ditujukan kepada kelompok pembeli tertentu dan dilakukan oleh produsen atau penjual agar mempengaruhi penjualan barang untuk mendapatkan keuntungan

2. Iklan adalah tindakan-tindakan yang ditujukan untuk menarik perhatian umum atas suatu jenis barang atau jasa dengan cara membangkitkan keinginan calon pembeli untuk memiliki barang atau memakai jasa

3. Iklan adalah penyampaian informasi atau pesan lewat media-media secara sugestif untuk mengubah, menggerakan tingkah laku atau minat manyarakat untuk melakukan sesuatu yang bersifat positif.

Dari beberapa pengertian iklan tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa maksud dan tujuan dari iklan adalah untuk menarik perhatian guna mempengaruhi orang.

Demikian beberapa pengertian tentang iklan.
Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Friday, March 31, 2017

Animasi Komputer Pembelajaran

5:49:00 PM Posted by Abdul Rohman No comments

Dalam kesempatan ini, saya akan membahas materi animasi komputer pembelajaran dengan mengunakan aplikasi atau program adobe flash cs.
Sesuai dengan ketersedian fitur yang yang berada pada aplikasi/program adobe flash cs terutama cs 5 atau cs 6 memiliki tool pembuatan animasi yaitu:
1. Animasi Keyframe to keyframe
2. Animasi Classic Tween
3. Animasi Motion Tween
4. Animasi Shape Tween
5. Animasi dengan Masking, dan
6. Animasi dengan ActionScript atau AutoScript

Dalam Animasi ActionScript dapat dilakukan dengan cara:
1. ActionScript pada frame
2. ActionScript pada tombol (button)
3. ActionScript pada MovieClip
4. ActionScript pada Property

Selain itu, dalam ActionScript terdapat beberapa fungsi yang sering digunakan dalam animasi komputer pembajaran yaitu:
1. Penggunaan Operator IF
2. Penggunaan Operator AND
3. Penggunaan Operator OR
4. Penggunaan Operator FOR

Untuk lebih jelasnya, saya siapkan materi tersebut disini

Demikian materi Animasi Komputer Pembelajaran. Terima Kasih dan semoga bermanfaat

Thursday, January 19, 2017

YouTube for Profit

11:00:00 AM Posted by Abdul Rohman No comments
YouTube for Profit
YouTube for Profit
YouTube for Profit merupakan buku ke-3 dari penulis Abdul Rohman yang diterbitkan oleh Jasakom Penerbit Jakarta. Buku ini menjelaskan bagaimana membuat channel di YouTube untuk menciptakan stasiun "Televisi" sendiri dan menjadikannya sebagai mesin uang ketika telah ramai penonton.

Selain itu Kita diajak untuk mengaktifkan Adsense untuk mendulang dolar atau rupiah dari video-video yang diupload di YouTube. Dan bagaimana memanfaatkan media promosi dari google untuk mendapat penonton/pemirsa untuk channel yang Kita buat.

Materi yang ulas dalam buku YouTube to Profit adalah sebagai berikut:
1. Membuat Channel
2. Streaming Langsung
3. Adsense
4. Google Adwords
5. Strategi Promosi
6. Menerima Pembayaran
7. Dan lain-lain

Judul Lengkap buku ini adalah "YouTube for Profit Mendapatkan Uang Cash dan Terkenal dengan Membuat Channel Sendiri Secara Gratis"

Dengan hadirnya buku ini, semoga bermanfaat.

Saturday, December 10, 2016

Manipulasi Teks Dengan Photoshop

10:04:00 AM Posted by Abdul Rohman , No comments
Photoshop merupakan aplikasi/program yang populer untuk mengolah gambar baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Selain mengolah gambar/foto, photoshop juga memiliki fitur atau fasilitas untuk mengolah text yang menarik, seperti efek text berapi, efek tulisan es dan lain-lain. Sering Kita jumpai media-media baik elektronik maupun cetak menampilkan efek tulisan/text yang menarik seperti; poster film, spanduk, brosur dan lain-lain.
Buku ini memberikan panduan yang mudah untuk membuat efek text dengan photoshop yang meliputi:
  • Pengoperasian atau pensettingan tool dan tab pengolahan text
  • Text dengan efek background
  • Text dengan efek menyerupai benda
  • Text dengan efek cahaya
  • Text dengan efek 3D, dan
  • Cara penambahan style dalam photoshop
Dalam penyajiaannya dilakukan metode step by step yang dilengkapi dengan gambar interaktif, sehingga pembaca akan lebih memahami dan mudah untuk mempraktikannya. Buku ini cocok bagi Anda yang hobi mengolah gambar/teks, siswa atau mahasiswa dalam pelajaran atau perkuliahan desain grafis, dan para desainer grafis.
Buku "Manipulasi Teks Dengan Photoshop" dengan penulis saya sendiri "Abdul Rohman" telah diterbitkan mulai tanggal 28 November 2016 dengan penerbit ELEX MEDIA COMPUTINDO Jakarta. Mudah-mudah bermanfaat dan terima kasih.

Tuesday, November 29, 2016

Aplikasi Moving Shapes dalam Netbeans

10:10:00 AM Posted by Abdul Rohman No comments
Dalam kesempatan ini saya akan membahas bagaimana cara membuat aplikasi moving shapes atau perpindahan objek dalam netbeans.
Moving shapes merupakan salah-satu komponen metode dalam "Mobile Game Programming" yaitu memindahkan objek dari sumbu awal ke sumbu yang dituju. Untuk membuat aplikasi moving shapes diperlukan metode Threads dengan memindahkan dari sumbu x ke sumbu y dan  atau memindahkan dari sumbu xDirection ke yDirection.

Untuk lebih jelasnya, silahkan untuk mencoba aplikasi dibawah ini dengan menggunakan NetBeans.

package movingshape;

import java.applet.Applet;
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;

public class Movingshape extends Applet implements Runnable{

    int width = 400;
    int height = 300;
    
    int x = 100;
    int y = 100;
    
public void init(){
    setSize(width, height);
    setBackground(new Color(85, 120, 40));
}

public void start(){
    Thread t = new Thread(this);
    t.start();
}

public void stop(){
    
}

public void paint(Graphics g){
    g.setColor(new Color(65, 85, 240));
    g.fillRect(x, y, 40, 40);
}

int xDirection = 1;
int yDirection = 1;

public void run(){
    Thread.currentThread().setPriority(Thread.MIN_PRIORITY);;
    
    while(true){
        if(x <= 0 || x + 40 >= width){
            xDirection *= -1;
        }
        if(y <= 0 || y + 40 >= height){
            yDirection *= -1;
        }
       x = x + xDirection;
       
       y = y + yDirection;
        repaint();;
        try{
            Thread.sleep(30);
        }catch (Exception e){
            
        }
    }
}
}

Dan Hasilnya seperti Gambar diatas.

Demikian Cara membuat aplikasi moving shapes dengan menggunakan netbeans.

Friday, November 25, 2016

Prinsip Prinsip Desain Grafis

3:58:00 PM Posted by Abdul Rohman No comments
4 Prinsip Desain Grafis
Dalam membuat sebuah media baik cetak maupun non cetak harus mengetahui tentang prinsip -prinsip utama dalam mendesainnya, supaya media mudah dipahami dan dinikamati oleh khalayak atau pembaca, sehingga konten yang ingin disampaikan dapat tercapai. Maka dalam kesempatan ini saya ingin membahas bagaimana penerapan prinsip prinsip desain grafis.

Prinsip-prinsip desain grafis utama yang perlu diperhatikan terkait komunikasi visual dari karya atau media desain adalah sebagai berikut:
1. Ruang Kosong (White Space)
2. Kejelasan (Clarity)
3. Keserhanaan (Simplicity)
4. Emphasis (Point of Interest)
Ruang kosong diterapkan agar karya atau media tidak terlalu padat dalam penempatannya pada sebuah lembar kerja. Ruang kosong digunakan untuk memberikan kejelasan dalam pembacaan dan sekaligus memberikan kesan profesional dan sederhana. Sebagai contoh media cetak koran yang terdapat ruang kosong antara teks kolom satu dengan teks kolom berikutnya. Secara desain grafis, ini merupakan penerapan ruang kosong supaya pembaca tidak mudah lelah dan praktis.

Kejelasan dapat mempengaruhi penafsiran pembaca akan sebuah karya atau media tersebut mudah dimengerti dan tidak menimbulkan ambigu atau makna ganda. Dalam menampilkan gambar di sebuah media disarankan untuk memberikan keterangan gambar, contoh gambar yang berada pada sebuah buku dengan keterangan gambar dibawahnya.

Kesederhanaan dalam media menampilkan konten/isi tidak lebih dan tidak kurang atau tepat dan tidak berlebihan. Hal ini mendorong supaya penikmat untuk menatap lama atau tidak merasa jenuh dalam membacanya. Sebagai contoh penerapannya dalam menceritakan sebuah peristiwa, harus jelas dan tidak mengulang-ngulang kalimat.

Emphasis adalah pusat perhatian, memberikan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistic. Sebagai contoh koran dalam tampilan halaman depan yang memberikan gambar berita ukuran besar yang dijadikan sebagai pusat perhatian dalam pemberitaan.

Dengan mengetahui ke-4 prinsip-prinsip tersebut diatas, Kita bisa memaksimalkan desain karya atau media sebelum diproduksi.

Demikian pembahasan tentang prinsip-prinsip desain grafis dan mudah-mudah bermanfaat.
Terima Kasih.

Sunday, November 20, 2016

Cara Mengatasi virus Wudfhost.exe

1:55:00 PM Posted by Abdul Rohman No comments
Deteksi Automatis Virus Wudfhost dengan SMADAV
Virus merupakan aplikasi/program komputer yang membahayakan terhadap sistem operasi dan data pengguna. Dan saat ini perkembangan virus sangat pesat dengan motif dan tujuan masing-masing, ada beberapa artikel yang menyebutkan bahwa ada virus yang dapat menjebol atau membongkar user dan password pengguna internet banking, sehingga pengguna banyak kehilangan uangnya.

Dalam kesempatan ini, saya akan membahas Wudfhost.exe yang merupakan virus yang dapat merusak sistem operasi, dan bagaimana cara mengatasi virus wudfhost tersebut.

Virus Wudfhost dapat menyerang komputer Anda pada saat koneksi internet. Dalam penyebarannya virus ini akan diletakan pada link halaman web atau file downloadan, secara tidak sadar kadang Kita terjebak oleh link atau file download yang Kita klik, sehingga secara otomatis dapat menyerang sistem. Wudfhost akan bertempat tinggal di C:\Windows\System32, sehingga seolah-olah merupakan file sistem dalam microsoft windows.

Virus Wudfhost secara lambat laun akan melemahkan dan merusak sistem operasi dengan gejala seperti; sering terjadi komentar error atau menutup sendiri program browser, walaupun sudah di repair atau di instal ulang. Dan hal ini dapat mengganggu aktivitas Kita, terutama pada saat transaksi internet banking.

Nah...ada beberapa hal yang perlu Kita hindari supaya tidak terserang atau terinfeksi virus wudfhost yaitu sebagai berikut:
1. Menggunakan Antivirus yang terbaru dan terupdate
2. Jangan sembarangan mengklik link tulisan atau iklan pada web yang tidak jelas.
3. Jangan mendownload file video, musik dan dokumen pada situs yang tidak jelas.
Jika komputer Kita sudah terlanjur terkena atau terinfeksi virus Wudfhost.exe maka perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pasang atau instalkan program antivirus yang bisa mendeteksi dan mengeksekusi virus Wudfhost.exe seperti SMADAV terbaru, Avira, AVG, dan lain-lain.



2. Scanlah semua drive sistem (C) dan drive yang lainnya (D, E, dan yang lainnya)

3. Jika 2 langkah tersebut diatas, sudah dilakukan, akan tetapi virus Wudfhost.exe tetap muncul juga, maka yang dapat Kita lakukan adalah dengan menginstal ulang sistem operasinya (windows)

4. Setelah menginstal sistem operasi, jangan terlebih dahulu membuka folder dalam drive data (D, E atau yang lainnya). Akan tetapi  instal program antivirus dulu, tanpa membuka windows explorer.

5. Setelah instal antivirus selesai, scanlah semua driver data selain dri C (system)

Demikian penjelasan tentang virus wudfhost.exe dan cara mengatasi virus wudfhost.exe yang sudah menginfeksi sistem operasi.

Mudah-mudahan bermanfaat dan Terima kasih.

Thursday, November 17, 2016

Fungsi Meshgrid Dalam Matlab

1:30:00 PM Posted by Abdul Rohman No comments
Dalam kesempatan ini saya akan memberikan contoh aplikasi membuat grafik dengan menggunakan fungsi meshgrid.

Fungsi Meshgrid dapat diapakai untuk menghasilkan grid-grid dengan titik-titik yang berspasi sama  atau seragam pada grafik. Perintah yang digunakan adalah clf, plot dan axis.

>> [x,y]= meshgrid(1:5,1:3)

x =

     1     2     3     4     5
     1     2     3     4     5
     1     2     3     4     5


y =

     1     1     1     1     1
     2     2     2     2     2
     3     3     3     3     3

>> clf
>> plot(x,y,'o')
>> axis([0.9 5 0.9 3])
sumber: Sianipar. 
Hasilnya Grafiknya seperti gambar disebelah kiri.

Anda bisa mencoba juga perintah dibawah ini dengan fungsi contuor dengan memanfaat grip spasi sama atau seragam diatas, sehingga hasilnya akan lebih menarik. Perintah yang digunakan yairu; clf, plot, axis, contour, axis equal. Dan hasilnya seperti gambar disebelah kanan.

>> clf
>> plot(x,y,'o')
>> axis([0.9 5 0.9 3])
>> [x,y] = meshgrid(linspace(-5,5),linspace(-10,10));
>> r = sqrt(x.^2 + y.^2);

>> contour(x,y,r)
>> axis equal
>> axis([-10 10 -10 10])
sumber: Sianipar

Demikian contoh aplikasi fungsi meshgrid dalam matlab.

Friday, November 4, 2016

Media Pembelajaran Interaktif dengan Macromedia Authorware

10:13:00 AM Posted by Abdul Rohman 2 comments
Dalam kesempatan ini, saya akan membahas tentang media pembelajaran interaktif dengan menggunakan software atau program Macromedia Authorware.

Media pembelajaran interaktif merupakan penggunaan media pembelajaran yang bisa menimbulkan timbal balik antara siswa dengan sumber belajar/guru. Dengan model pembelajaran interaktif , seolah-olah terjadi komunikasi dua arah antara siswa dan guru yang membawakan materi pembelajaran melalui media.

Untuk saat ini banyak sekali media interaktif yang dibuat oleh pengembang media baik untuk keperluan individu maupun kelompok. Dalam era teknologi ini, media interaktif berkembang sangat baik, karena sudah diperbantukan oleh aplikasi-aplikasi komputer untuk memproduksi media pembelajaran. Sebagai contoh media pembelajaran dengan CD Interaktif yang dibuat dengan aplikasi multimedia seperti; Flash, Power Point + Visual Basic, Authorware, dan lain-lain.

Merupakan sebuah tantangan bagi para pendidik diberbagai jenjang, untuk mengembangkan media interaktif. Akan tetapi dalam produksi media interaktif, seorang guru merasa kesulitan, karena diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk proses produksinya.

Jika Kita lihat secara teknis pembuatan media interaktif dengan aplikasi multimedia, memiliki level atau tingkat kesukaran dan kemudahan masing-masing. Seperti aplikasi Flash, akan sangat sulit untuk dipergunakan oleh seorang guru, bahkan Power point + Visual Basic juga sangat sulit untuk diterapkan dalam pembuatan media, yang banyak script-script pemrograman komputer.

Nah... berbeda dengan Aplikasi Macromedia Authorware, yang secara teknik lebih mudah untuk dioperasikan, karena penggunaan aplikasi cenderung menggunakan GUI (Graphics User Interface) atau kata lainnya, lebih banyak menggunakan mouse untuk setting dan konfigurasi aplikasi.

Macromedia Authorware merupakan solusi bagi para pendidik yang ingin membuat media interaktif dengan kemudahan mengoperasikan dan memproduksikannya. Selain itu juga untuk tutorialnya juga sudah banyak referensinya di internet.

Demikian pembahasan tentang media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Macromedia Authorware. Dan jika ada pertanyaan tentang produksi media pembelajaran interaktif, silahkan untuk berdiskusi atau berkomentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tuesday, October 4, 2016

Program Menggambar beberapa garis dengan menggunakan bahasa java

10:36:00 PM Posted by Abdul Rohman 1 comment
Dalam kesempatan ini, saya akan membahas bagaimana cara membuat program menggambar beberapa garis dengan menggunakan bahasa java, dan menerapkannya dalam program NetBeans.

Untuk membuat beberapa garis dalam java dibutuhkan metode drawline yang terdiri beberapa baris dengan struktur penulisan:
drawline(x1, y1, x2, y2)
x1 dan y1 adalah titik garis awal dan x2 dan y2 adalah titik akhir garis. Dan untuk lebih jelasnya Kita ikuti contoh program dibawah ini dengan menggambar 6 gambar yaitu:

// Menggambar beberapa garis
import java.awt.*;
import java.applet.*;
/*
<applet code="Lines" width=300 height=200>
</applet>
*/
public class DemoGambarGaris extends Applet {
    public void paint(Graphics g) {
        g.drawLine(0, 0, 100, 100);
        g.drawLine(0, 100, 100, 0);
        g.drawLine(40, 25, 250, 180);
        g.drawLine(75, 90, 400, 400);
        g.drawLine(20, 150, 400, 40);
        g.drawLine(5, 290, 80, 19);
    }
}
Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini:


Demikian cara membuat program menggambar beberapa garis dengan menggunakan bahasa java. Dan mudah-mudahan bermanfaat.
Terima Kasih